STUDY BANDING 2 DESA DARI KECAMATAN HELUMO KABUPATEN BOLAANG SELATAN DI DESA PERMATA

Permata.desa.id_ Desa Permata mendapatkan kunjungan Study Banding dari 2 desa yang berada di kabupaten Bolaang selatan, 2 desa Ini yaitu Desa Soputa dan Desa Motolohu Kecamatan Helumo. Pada hari Kamis(28/12/2017). Mereka di sambut Oleh Pemerintah Desa permata dengan penuh keakraban, dan kegiatan penyambutan berlangsung di Aula Desa Permata

Sebanyak 25 Orang perwakilan dari 2 Desa yang Hadir dalam study Banding Ini diantaranya Bapak Sujito Laiya Selaku Sekcam Helomu, Bapak Umar Basalamah selaku Kepala Desa Soputa dan Bapak Marwis Mohi Selaku Kepala Desa Motolohu, Sisanya adalah seluruh perangkat desa dari 2 desa ini.

Selanjutnya para rombongan study banding mendengarkan sambutan selamat datang dari Ibu Fatra Duengo selaku Sekertaris Desa Permata, dalam kesempatan ini beliau menggantikan Bapak kepala Desa Permata yang berhalangan hadir karena mengikuti kegiatan lain di kabupaten.“Kami mengucapkan selamat datang buat bapak dan ibu peserta study banding dari 2 desa yang berada di kecamatan Helumo Kabupaten Bolaang Selatan, Merupakan Suatu kehormatan buat kami Pemerintah Desa permata menerima Kunjungan Study Banding ini. Kehormatan yang besar pula karena desa Permata pada tahun 2016 menjadi Juara  1 pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Gorontalo Sehingganya menjadi salah satu rujukan untuk menjadi tempat pelaksanaan study banding dari Kabupaten Bolaang Selatan. Ujar ibu Sekdes Permata.”

Ibu Sekdes Permata ketika memberikan sambutannya

Sambutan berikutnya dari Ibu Aisyah Karim S.sos selaku kepala seksi social mewakili Bapak camat paguyaman, Beliau menyampaikan Ucapan terimakasih yang sebanyak-banyaknya karena Rombangan study Banding ini sudah mau datang berkunjung ke Desa permata yang berada di Kecamatan Paguyaman, tentunya ini adalah hal yang luar Biasa Khususnya dari kami Selaku pemerintahan Kecamatan, semoga dalam pertemuan ini bisa menjadi wadah untuk sharing pengalaman, pembelajaran dan berbagi ilmu dalam hal apapun, Ujar ibu Aisyah.

Ibu Aisyah karim ketika memberikan sambutan

Sementara itu mewakili rombongan study banding Bapak Sujito Laiya selaku Sekertaris Camat Helumo dan Ketua Tim Study banding ini, Beliau Mengucapkan terima kasih karena pemerintah Desa permata telah berkenan menerima kedatangan Tim Study Banding Ini. Tujuan kami datang kedesa Permata ini karena Ingin mencuri ilmu/mendapatkan Ilmu apa saja yang di terapkan di Desa ini sehingga Desa ini Menjadi Juara 1 di Lomba Desa Tingkat Provinsi Gorontalo dan menjadi wakil Desa dalam Kegiatan Tingkat Nasional. Perlu Bapak/ibu ketahui bahwa kami masyarakat Bolaang Selatan(Bolsel) ini mayoritas berasal dari Gorontalo, Masyarakat Bolsel ini terdiri dari 3 suku yaitu Suku Gorontalo, Suku Bulango dan Suku Sangir. Kami juga punya baju adat sendiri seperti daerah Gorontalo, baju adat kami disebut Baju Pinahangi, dan untuk keagamaan Bolsel juga daerah yang Religius sama seperti kabupaten Boalemo, di Bolse setiap hari sabtu semua Pegawai Negeri Sipil maupun Pemerintahan Desa wajib mengikuti Ibadah Bersama, Ini untuk semua Agama, baik agama Islam, Kristen , Hindu dan Budha.

Bapak Sujito Laiya selaku Ketua Tim Study memberikan kata sambutannya

Selanjutnya adalah pemaparan Profil Desa permata yang dibawakan Oleh Ibu Yanti Akuba, Trimakasih kami Ucapkan kepada para peserta study banding dari kabupaten bolaang selatan yang berkenan datang di Desa Permata, Saya mewakili Bapak kepala Desa permata untuk memaparkan Profil Desa dan administrative Desa. Perlu Bapak/Ibu Ketahui kami Desa permata menang dalam lomba desa Tingkat Provinsi Pada tahun 2016 kemarin karena dukungan dari semua masyarakat Desa. SDM yang cukup baik di desa merupakan salah satu penilaian untuk kami, Sejak dimekarkan dari tahun 2006 kemudian hanya butuh waktu 1 tahun kami sudah sangat meningkat dalam segi Pendapatan dan pembangunan Desa. Masyarakat yang mayoritas petani ini Unggul dalam sector Holticultura, para  petani desa permata pada waktu itu sampai tahun 2016 pendapatannya meningkat terus sehingga pembangunan di desapun meningkat.

Dan untuk kami para perangkat Desa Permata selalu mendukung dan melayani masyarakat dengan baik,begitupun  ketika kami akan kedatangan tamu seperti ini, kami akan selalu melayani dalam hal apapun,kalau ada permintaan dari masyarakat atau pemerintah kecamatan tidak pernah kami menolak,pasti kami akan menyanggupinya. Akan tetapi untuk pelaksanaan kegiatan hari ini pelayanan dari kami agak tidak bagus kami mohon maaf karena pemberitahuan study banding ini begitu cepat dan juga sudah pada saat-saat libur sehingganya sudah banyak Perangkat Desa yang sudah Izin libur duluan.

Secara administrasi Desa permata menjadi juara 1 karena seluruh personil Perangkat Desa Permata sangatlah kuat dalam hal kerjasama. Kerjasama yang baik juga akan menghasilkan hasil yang baik untuk desa. Semua data untuk desa mereka lengkapi secara bersama-sama. Untuk Desa permata terdapat 350 KK atau 1.750 orang dan hanya ada 69 KK saja yang Miskin. Sehingga itu adalah salah satu penilaian untuk desa kami, Ujarnya. Cukup sekian penyampaian dari saya semoga  study banding ini akan menjadi wadah pencarian ilmu yang baik, silahkan bapak/ibu berkunjung ke masing-masing ruangan yang ada di desa ini dan mengambil data-data yang ingin bapak/ibu ketahui.semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan Kerjasama antara Desa Permata dan 2 desa yaitu Desa Soputa dan Desa Motolohu bisa terjalin dengan baik

Ibu Yanti Akuba saat memaparkarkan Profil Desa Permata di depan Tim Study Banding

 

tim study banding Saat berkunjung ke ruangan Kaur dan melihat Data dan Buku-buku Administrasi Desa
Tim Study Banding saat berada diruangan LPM
Tim Study Banding saat berada di ruangan BPD
tim Study Banding saa berada di ruangan PKK Desa Permata
Foto Bersama Tim Study Banding dengan Perangkat Desa Permata

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan