PENYERAHAN DANA DESA UNTUK BUMDes PERMATA

Permata_25/12/2017. Badan Usaha MIlik Desa (BUMDES) adalah badan usaha yang di kelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dan dibentuk sesuai kebutuhan dan potensi desa.  Badan usaha ini dimiliki oleh desa dan di kelola bersama, Modalnya bersumber dari Dana Desa.

Tujuan dari pendirian Bumdes adalah Meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa. Pendirian dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa dilakukan secara Koperatif, Partisipatif, Emansipatif, dan Transparansi. Oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dapat berjalan secara efektif, efisien, dan Profesional.

Bapak Kepala Desa didampingi Ibu Sekertaris Desa dan Bendahara Desa saat menjelaskat Manfaat dan Tujuan dari dana Desa Untuk BUMDes

 

Di nyatakan dalam undang-undang bahwa BUMDes dapat didirikan sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Untuk BUMDes Permata Mereka melihat bahwa Kebutuhan masyarakat permata masih minim soal peralatan acara-acara pernikahan maupun acara lainnya seperti Kursi dan tenda.Masyarakat ketika ada acara masih meminjam peralatan dari desa lain Maka dari itu BUMDes Permata akan  menjalankan usaha peminjaman Kursi dan Tenda Untuk Acara pernikahan maupun acara-acara lainnya. Ini juga tidak hanya mencakup Desa permata akan Tetapi untuk Desa_desa yang diluar. Tetapi dengan tetap Memprioritaskan masyarakat yang ada di desa Permata. Untuk Potensi Desa, Pengurus BUMDes menyatakan bahwa masih mewacanakan untuk membuat satu usaha dimana mereka akan menampung hasil-hasil pertanian Desa Permata dan akan menjualnya kembali. Karena melihat bahwa dari segi penjualan hasil panen petani masih dibawah kuasa dari para tengkulak. Jadi untuk kedepannya semoga bisa diatasi Oleh BUMDes.

Keoala Desa Permata dan seluruh perengkat Desa dan Lembaga desa yang akan menyerahkan Dana Desa Kepada Pengurus BUMDes Permata
Penyerahan Dana oleh Kepala Desa Kepada Bendahara BUMDes

 

Hari ini Senin 25/12/2017 bertempat di aula Desa Permata dilaksanakan Penyerahan Dana Desa untuk BUMdes Kepada para Pengurus BUMDes. Penyerahan ini di hadiri oleh Bapak Kepala Desa ( Rahman Rauf), Sekertaris Desa ( Fatra Duengo) dan Bendahara Desa ( Sumarni S. Patah, S.Hi).

Dalam Penyerahan Dana ini Bapak Kepala Desa menyampaikan bahwa Ketika Dana Desa Telah diserahkan Kepada Pengurus BUMDes dan Oleh BUMDes akan disimpan. Maka setelah itu BUMDes harus mengajukan Proposal kembali ke Dinas Sosial Kabupaten Boalemo.dalam hal ini tentang pengadaan kursi dan tenda untuk dijadikan usaha.

Penyerahan ini juga di Hadiri Oleh  Perangkat Desa dan juga Lembaga Desa yaitu BPD dan LPM. Dana Desa Untuk BUMDes ini diserahkan Langsung Oleh Kepala Desa Kepada Bendahara BUMDes Ibu  Wirda Duengo yang di damping Oleh Ketua BUMDes  Bapak Taufik Iyou dan Sekertaris BUMDes bapak Roni Ibrahim Beserta seluruh Perangkat Desa dan Lembaga Desa Permata dan Pendamping Desa Permata Dari Kementrian Desa.

SEKIAn  ( Lusiana Rauf )

Facebook Comments

2 Comments

Tinggalkan Balasan